Intro

Dalam membuat sebuah project mikrokontroller kita pasti mengenal dan membuat sebuah program, dimana program ini memiliki banyak sekali bahasa pemrograman mikrokontroller, mulai dari bahasa C, Basic, dan Asembler. Dari masing masing bahasa memiliki sebuah Compiler yang mana merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi menerjemahkan program yang kita buat menjadi sebuah file .HEX atau lebih tepatnya menjadi sebuah kode-kode yang dibaca oleh mesin.

file .Hex inilah yang akan dimasuk / diprogram pada IC mikrokontroler. dan kemudian dikerjakan oleh IC tersebut. Namun jika kita membuat sebuah alat yang tidak kita komersilkan atau berbayar alias tidak gratis. Kita pasti perlu mengamankan program yang kita buat dari seorang yang tidak bertanggung jawab. Yang mencuri program yang kita buat melalui IC mikrokontroller yang sudah diprogram. Walau memang cara itu bisa dilalukan namun hanya file HEX saja yang dapat diambil oleh orang lain melalui IC mikrokontrolernya. 

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengupload program dan mengunci atau memproteksinya menggunakan LOCK BIT, dengan menggunakan aplikasi Prog ISP.

Part

Minimum Sistem ATMega16

USBasp Programmer

Tutorial

Hubungkan masing masing komponen seperti saat anda akan mengupload program biasanya. Buka aplikasi prog ISP. dan siapkan file hex yang akan digunakan. Buka file hex. kemudian buka settingan fusebit. pada bagian lockbit cengtang semuanya hasilnya menjadi C0.

Kemudian upload program dan centang semua settingan sesuai dengan gambar dibawah pastikan bagian lock bit seudah tersetting C0.

Untuk mengecek apakaah file bisa dibaca, restart prog isp, cek bagaian buffer dan pilih fungsi Read Flash. bandingkan cara diatas dan cara jika anda mengupload programa biasa. semoga tutorial ini bermanfaat